Selasa, 02 Oktober 2012

Khasiat Bawang Putih dan Manfaat untuk Kesehatan

Khasiat Bawang Putih dan Manfaat untuk Kesehatan

Bawang putih adalah tanaman sejenis genum afflum atau disebut allium sativum. Bawang putih ini termasuk tumbuhan yang ber-umbi lapis bersusun. Bawang putih merupakan rempah-rempah yang dijadikan sebagai bumbu penyedap dalam masakan. Selain itu, bawang putih mempunyai banyak khasiat dan manfaat kesehatan bagi tubuh. Beberapa penyakit yang dapat diobati, diantaranya: Sulit tidur (Insomnia), Cacingan, digigit serangga, Luka benda tajam, Abses, Luka memar, Sembelit, Ambeien, Busung air, Sesak nafas, Sakit kuning, Sakit kepala, Masuk angin, Batuk, Asma, Hipertensi. Beberapa penelitian mengungkapkan ternyata bawang putih mencegah risiko kanker.

Kandungan Umbi Bawang Putih per 100 gram

protein sebesar 4,5 gram, lemak 0,20 gram, hidrat arang 23, 1 0 gram, vitamin B 1 0,22 miligram, vitamin C 1 5 miligram, kalori 95 kalori, posfor 134 miligram, kalsium 42 miligram,  besi 1 miligram dan air 71 gram.  Zat aktif awcin, scordinin, awn, germanium, selenium, nicotinic acid, sinistrine, sativine, enzim alinase.

Berikut cara pengobatan alami dengan bawang putih

  • Hipertensi
    Ambil 3 siung bawang putih, tumbuk sampai halus, peras dengan air secukupnya lalu saring. Minum setiap hari secara rutin.
  • Asma, masuk angin dan batuk
    Ambil 3 siung bawang putih, gula batu secukupnya dan 1 sendok makan madu. Tumbuk halus bawang putih, campur bersama bahan lain hingga merata dan peras/saring. Minum setiap pagi hingga sembuh.
  • Sakit kepala
    Ambil umbi bawang putih secukupnya, tumbuk sampai halus kemudian kompress pada dahi.
  • Sakit kuning, sesak nafas dan busung air
    Ambil 1 umbi bawang putih, 1 gula batu (sebesar telur). Tumbuk halus bawang putih, kemudian rebus bersama gula dengan 3 gelas air sampai mendidih dan aduk rata, saring. Minum 2 kali sehari 2 sendok makan, pagi dan sore.
  • Ambien
    Ambil 1 umbi bawang putih, tumbuk halus, peras dan ambil airnya. Oleskan sekitar dubur setiap hari.
  • Sembelit
    Siapkan yoghurt bawang putih dan bawang merah secukupnya. Tumbuk sampai halus kedua bahan tersebut, peras untuk diambil airnya, lalu campur hingga rata dan saring. Untuk penggunaannya diminum seperti biasa.
  • Luka memar
    Ambil bawang putih dan 1 sendok makan madu. Tumbuk bawang putih sampai halus, lalu beri 1 sendok makan madu dan aduk sampai rata. Kemudia oleskan pada bagian yang luka.
  • Luka akibat benda tajam berkarat
    Ambil umbi bawang putih dan minyak kelapa secukupnya. Bakar bawang putih lalu celupkan ke dalam minyak kelapa dan tumbuk sampai halus. Oleskan pada bagian yang luka.
  • Mengeluarkan serpihan kaca, kayu atau duri
    Ambil umbi bawang putih lalu tumbuk sampai halus kemudian tempelkan pada bagian yang kemasukan duri.
  • Sengatan serangga
    Tumbuk halus bawang putih, kemudian campur dengan bahan sendowo dan garam secukupnya. Oleskan pada bagian yang tersengat oleh serangga.
  • Cacing perut dam cacing kremi
    Kupas dan cucu sampai bersih siung bawang putih dan makan langsung.
  • Insomnia / Sulit tidur
    Kupas dan cucu sampai bersih siung bawang putih dan makan langsung sebelum tidur.
Demikian penjelasan artikel khasiat tumbuhan bawang putih. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates